Kamis, 01 Juni 2017

Makanan khas, Alat musik dan Tempat wisata yang ada di KALIMANTAN BARAT



Makanan khas Kalimantan Barat
                                                            
Sayur umbut kelapa terbuat da­ri serabut pucuk pohon ke­la­pa yang lembek. Makanan khas suku Dayak Ngaju ini le­bih enak dimakan dengan opor da­ging sapi atau ayam, dan sam­bal goreng kacang pu­tih atau kacang tolo. Sebagai pe­leng­kapnya sambal terasi atau sam­bal mangga muda.
Bentuk dan warnanya tidak jauh berbeda dengan rebung putih. Yang membedakan, sayuran ini jauh lebih manis bila dibandingkan dengan rebung. Ini mungkin karena asalnya dari kelapa. Tak heran bila suku Dayak menyukai sayuran ini masih dalam kondisi mentah (belum dimasak). Mereka akan memakannya dengan dicampur dengan sambal.


2. Bubur Pedas Kalimantan Barat

Bubur pedasini merupakan makanan khas suku Melayu Sambas, di Kalimantan Barat. Bubur pedas ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran, Bubur ini di kenalbanyak mengandung gizi. Di dalamnya terdapat Sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Biasanya dalam makanan khas yang satu inidi sajikan dengan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering menambah rasa yang mantab.



3. Lempok Durian Kalimantan Barat

Lempok Durian merupakan oleh-oleh kalimantan barat yang cukup terkenal sebagai salah satu pusat distribusi durian di Kalimantan Barat. Meskipun durian tersebut hanya sebagian kecil saja yang dihasilkan dari sekitar Pontianak, seperti Durian Jawi dari daerah Sungai Jawi. Ada juga durian daerah lain yang di distribusikan ke Pontianak seperti Durian Batang Tarang dan Durian Balai Karangan yang terkenal manis dan legit.

4. Mie Sagu Kalimantan Barat


Bahan dasar mie sagu ini yaitu tepung sagu yang di campur dengan air kemudian di iris tipis sehingga menyerupai menjadi mie. Selanjutnya setelah dipotong kecil-kecil, pemasakan yang terakhir mie direbus dan setelah matang dihidangkan dengan bumbu khas sesuai selera.

5.Cucur Khas Kalimantan Barat

Cucur ini merupakan salah satu kue tradisional atau makanan ringan yang ada di di Pontianak. yang menjadikan uniknya makanan ini, bentuknya yang bulat dengan gerigi-gerigi kecil disampingnya.Makanan ringan ini sangat pas di sajikan sebagai teman minum teh.

6. Lemang Khas Kalimantan Barat

Makanan khas kalimantan barat yang terakhir yaitu pulut, Pulut sendiri makanan yang dimasak didalam bambu, dicampur santan dan bumbu.khas Didalam bambu tersebut dimasukkan daun pisang agar nasi pulut tersebut tidak lengket. Lalu bambu yang sudah di isi beras pulut tadi dipanggang pada perapian tradisional. Dlam penyajian makanan ini sangat pas jika di sajikan sewaktu masih hangat.
                                                                                                                             


Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
1. Sapek
Sapek adalah alat musik dawai dari suku Dayak, sapek memiliki nama lain, yaitu sampek atau sampiq. Suku Dayak di Kalimantan, baik dari negara Indonesia, Malaysia, maupun Brunei sudah mengenal alat musik ini.
Dari banyaknya sub suku Dayak, sapek paling banyak ditemui di suku Dayak Kayaan dan Kenyah. Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini tampak seperti gitar, dengan tubuh panjang dan bagian leher yang sangat pendek.
Namun alat ini sangat berbeda dengan gitar, fret (batas nada, dalam istilah suku Dayak disebut lasar) yang biasanya memiliki jumlah belasan, disepak hanya memiliki 2-3 fret saja. Bahkan terkadang tidak ada sama sekali yang terletak dibagian leher, hampir seluruh fret terpasang pada bagian tubuh.
Keunikan lainnya dari alat musik tradisional Kalimantan Barat ini adalah fret-fret tersebut bisa digeser atau dipindah-pindah. Karena memang fret tersebut tidak ditanam secara permanen seperti gitar, melainkan ditempel menggunakan lem yang sangat kental dan tidak pernah mengering. Dengan cara pemindahan fret itulah susunan nada sapek dapat berganti-ganti.
Jika anda cermati struktur alat musik sapek ini, sapek merupakan jenis lut-siter. Yaitu campuran antara lut (berleher, kawat terbentang melebihi ukuran tubuh) dan siter (bentangan kawat di tubuh).
Bahkan untuk sapek yang seluruh fretnya berada pada bagian tubuh. Semuanya hanya berupa sambungan antara tubuh dan kepala (tempat di mana pengencang dawai menancap).
Hiasan dibagian kepala dan pangkal sapek biasanya berbentuk hewan mitologis Kalimantan. Biasanya hal ini dianggap mempunyai kekuatan untuk menaklukan unsur sihir yang akan mengganggu. Jenis hewan mitologis yang paling sering diukir adalah burung enggang.
Sapek biasa dimainkan sebagai alat musik instrumen atau juga untuk iringan tari-tari tradisional kalimantan. Sapek adalah salah satu alat musik tradisional Kalimantan Barat yang spesial. Walaupun banyak orang yang bisa memainkan alat musik ini. Namun, para pemain yang memiliki teknik khusus hanya sedikit.


2. Agukng
 Agunkng adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat yang mirip dengan gong. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh dengan stik kayu ini merupakan salah satu alat musik yang sering dianggap sakral.
Agukng dapat Anda temui hampir diseluruh sub suku Dayak. Intrumen ini dipercaya oleh suku Dayak dapat mengusir roh-roh jahat dan mendatangkan roh para leluhur. Hal ini disebabkan oleh suara Agukng adalah bunyi yang agung untuk menyamput kedatangan roh.
Agunkng termasuk kedalam jenis instrumen perkusi yang terbuat dari logam. Intrumen ini digunakan untuk menamakan instrumen perunggu dengan pencon di tengahnya.
Intrumen ini terbagi menjadi 8 jenis instrumen. Yaitu: Kakanong, Kampo, Kanayatn, Katukekng, Katukong, Katuku, Agukng dan Wayakng. Diantara 8 instrumen tersebut, yang biasa di gunakan hanya 3 jenis, yaitu Agukng, Katuku dan Katukeng.
Nada yang dihasilkan Agukng ada 5 nada (sol) rendah, Katukeng bernada 3 (mi) dan Katuku bernada 1 (do). Intrumen ini merupakan intrumen kolotomis, atau instrumen sebagai penyekat nada yang dimainkan pada setiap birama.
Agukng juga merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang multifungsi. Selain sebagai alat musik, Agukng juga bisa menjadi mas kawin, sebagai dudukan simbol semangat ketika pernikahan. Maupun sebagai alat pembayaran dalam hukum adat di Kalimantan Barat.


3.Keledik
Keledik merupakan alat musik yang terbuat dari bambu, benang dan buah labu. Keledi atau organ mulut dibuat dari buah yang yang sudah berusia 5-6 bulan.
Cara membuatnya yaitu isi buah labu ini dikeluarkan. lalu labu yang sudah tidak berisi direndam selama satu bulan, kemudian setelah direndam labu dikeringkan. Buah labu yang sudah kering dan batang bambu disatukan dengan menggunakan perekat dari sarang kelulut (lebah hutan berukuran kecil).
Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini menghasilkan nada pentonik. Cara memainkan alat musik ini dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat Rumpun Uut Danum, alat ini juga biasa dikenal dengan nama Korondek. Ada juga beberapa masyarakat suku Dayak yang menyebut alat ini dengan nama Kedire atau Kadire.
Keledik biasa dimainkan untuk mengiringi nyanyian tradisional, tarian-tarian tradisional, teater tutur (berupa syair nyanyian yang berisi nasihat dan petuah) dan saat upacara adat suku Dayak.


4. Entebong

Entebong adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Bentuk entebong mirip dengan kendang atau gendang, karena bentuknya yang mirip. Cara memainkan alat musik ini juga sama, yaitu dengan cara ditabuh.
Alat musik ini bisa Anda temui di Kabupaten Sekadau, alat ini buatan suku Dayak Mualang yang tinggal di daerah sekitar.

5.Balikan

Balikan atau Kuranting adalah alat musik petik sejenis dengan alat musik Sapek. Alat musik tradisional Kalimantan Barat dibuat oleh suku Dayak yang tinggal di daerah Kapuas Hulu.
6. Kollatung
Kollatung adalah alat musik yang terbuat dari bahan tembaga kuningan. Alat ini juga seperti Agukng yang memiliki fungsi selain menjadi alat musik. Yaitu menjadi mas kawin dalam pernikahan, atau dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam hukum adat suku Dayak.



Tempat wisata Kalimantan Barat
1.Rumah Radakng     
Tempat wisata di Kalimantan Barat paling bersejarah yaitu Rumah Adat dari suku Dayak asli di Kalimantan Barat, Rumah Radakng ini merupakan salah satu rumah adat yang banyak mendapatkan kunjungan dari para wisatawan Nusantara dari Luar Pulau Kalimantan. Rumah Panjang merupakan nama sebutan lain dari Rumah Radakng. Rumah ini masih sangat Tradisional dan terletak di daerah Saham, Kabupaten Landak. Disini anda bisa mengenal dengan dekat aktivitas dan kehidupan sehari orang-orang asli suku dayak.


2.Masjid Sultan Syarif Abdurrahman
Tempat wisata di Kalimantan Barat yang merupakan wisata sejarah selanjutnya adalah Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid tertua yang ada di Kalimantan Barat ini menjadi saksi Utama berdirinya Kota Pontianak, bersama dengan Keraton. Masjid tertua yang ada di Kalimantan barat ini mempunyai 4 pilar yang terbuat dari lapisan kayu berlian dengan diameter 0.5 meter. Masjid ini dibangun dengan 4 tingkat sekaligus dengan tujuan tertentu, salah satu tujuan lainnya yaitu untuk menghindari banjir dari sungai kapuas yang meluap. Masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 Jemaah. Untuk lokasinya sendiri Masjid ini terletak sekitar 200 meter dari Keraton Kadariah.



3. Kota Singkawang
Kota Singkawang ini merupakan salah wisata di Kalimantan Barat yang di huni oleh etnis Tionghoa. Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Tiongkok, di Kalimantan Barat anda bisa menemukan Masyarakat yang kental dengan bahasa Tionghoa. Masyarakat di Kota Singkawang ini masih sering kali menggunakan bahasa khas mereka untuk tetap menumbuhkan adat mereka dari Negeri Asal. Kita Singkawang biasa disebut dengan Kota Seribu Klenteng.



4.Air Terjun Riam Merasap
Kalau Air terjun satu ini berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Pulau Kalimantan, yang membuat Air terjun Riam merasap terasa unik dan menarik karena ukuran alirannya yang cukup lebar dan berbeda dengan air terjun pada umumnya. Akibat lebarnya aliran air membuat percikan dan juga embun dari air terjun ini terlihat jelas dan menyegarkan. Air terjun dengan tinggi lebih dari 20 meter dan ditambah dengan pesona pemandangan alam sekitar menjadikan destinasi wisata air di Kalbar ini sebagai salah satu wisata menarik dan wajib dikunjungi anda dan keluarga anda.







0 komentar:

Posting Komentar